Senin, 23 Mei 2016

Cara Mengecek Keaslian Ponsel Xiaomi

Cara Mengecek Keaslian Ponsel Xiaomi

Walaupun baru berdiri sejak 2010 lalu, namun ketenaran serta kiprah Xiaomi di industry smartphone terbilang cukup mengesankan. Prinsip mereka untuk membuat dan memasarkan produk smartphone berteknologi tinggi dengan harga terjangkau mampu menyihir para penggila gadget di beberapa Negara di dunia, termasuk Indonesia. Harga Xiaomi yang terbilang sangat terjangkau memang memegang peranan penting dalam kesuksesan yang diraih perusahaan asal Negeri Tirai Bambu tersebut.Meskipun sempat diterpa isu miring, terutama dari beberapa produsen smartphone yang mengklaim bahwa merek China tersebut banyak meniru desain yang mereka kembangkan, namun nyatanya konsumen tidak terpengaruh dan permintaan akan produk ini tetap tinggi.

Sayangnya, kepopuleran produk smartphone murah berteknologi tinggi asal China tersebut dimanfaatkan oleh pihak – pihak yang tidak bertanggungjawab untuk membuat replica atau produk palsu. Tentunya, keberadaan produk Xiaomi palsu sangat merugikan konsumen karena kualitasnya tentu saja tidak sebaik produk asli. Oleh sebab itu, kami berikan sedikit tips tentang bagaimana cara membedakan produk xiaomi palsu dan KW agar anda tidak tertipu.

  • Membeli di outlet resmi
Produk Xiaomi, selain dijual secara offline juga melalui online bekerjasama dengan beberapa marketplace atau toko online ternama. Membeli produk smartphone China di toko online ternama tersebut akan membantu anda menghindari keberadaan produk KW atau palsu.

  • Menggunakan aplikasi anti produk palsu
Untuk mengecek keaslian produk smartphone murah asal China tersebut, anda bisa menggunakan aplikasi yang dapat diunduh melalui websiote resmi perusahaan tersebut. Install aplikasi tersebut di smartphone Xiaomi anda lalu jalankan. Setelah proses selesai, maka anda tinggal me-refresh laman tempat anda mengunduh apk tersebut kemudian arahkan ponsel ke QR. Jika keseluruhan proses telah selesai, maka website tersebut akan memberi informasi apakah ponsel anda asli ataukah KW.

  • Master reset atau reset ulang
Salah satu modus yang paling banyak digunakan oleh pemalsu adalah dengan meng-inject software benchmark supaya terkesan sesuai dengan spesifikasi yang dimiliki. Sebelum melakukan uji benchmark, anda sebaiknya melakukan master reset. Langkah ini akan menghapus semua data dan aplikasi serta masuk kembali ke settingan awal. Setelah itu, anda bisa mencoba mengetest keaslian dengan menggunakan aplikasi yang bisa anda unduh di Google Play

  • Mengecek IMEI serta serial number
Nomor IMEI maupun serial number yang ada pada ponsel Xiaomi anda harus sama dengan yang tertera pada kardus. Jika berbeda, maka bisa dipastikan bahwa ponsel anda tersebut palsu.

Jadi, jangan dulu anda tergiur dengan daftar harga Xiaomi yang ditawarkan oleh toko ponsel. Anda sebaiknya mengecek terlebih dulu produk Xiaomi yang mereka jual untuk memastikan keasliannya. Jangan sampai anda menyesal di kemudian hari hanya gara – gara mendapatkan produk palsu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar